Seting kecerahan standar Ubuntu 12.04

Default Brightness ubuntu / Kecerahan Standar Ubuntu

Halo pecinta linux indonesia, kali ini kita ada sedikit unek2 baru dengan ubuntu kita. kita sering menjumpai ubuntu baru2 ini memiliki layar yang silau dan menyakitkan mata, mengapa bisa begini? ini terjadi karena seting kecerahan ubuntu secara default berada di posisi full. untuk ini kita bisa seting di system settings. tetapi apa yang terjadi ketika reboot/restart? ubuntu kembali menjadi silau kembali :-(.
Nah untuk mengatasinya kita akan membuat skrip python yang akan kita jalankan otomatis saat startup untuk mennyeting kecerahan ubuntu mulai dari saat booting masuk desktop, ikuti langkah berikut.

Membuat skrip python
Pertama buatlah file baru misal bernama "silau.py" dengan mengkopikan skrip di bawah ini didalamnya dengan menggunakan teks editor seperti gedit atau yang lain. untuk seting kecerahan ganti angka 0 pada SetPercentage dengan persentase kecerahan sesuai keinginan dari 0 sampai 100 dalam %.
import dbus

bus = dbus.SessionBus()

proxy = bus.get_object('org.gnome.SettingsDaemon','/org/gnome/SettingsDaemon/Power')

iface=dbus.Interface(proxy,dbus_interface='org.gnome.SettingsDaemon.Power.Screen')

iface.SetPercentage(0)
Kemudian simpan skrip tersebut di manapun namun pastikan file tersebut selalu dapat terbaca tiap booting, misal di Documents atau lainnya.

Membuat startup
ubuntu startup applications
 
Disini kita akan membuat skrip yang kita buat tadi jalan setiap booting awal. caranya klik icon seting di pojok kanan atas kemudian pilih Startup Applications. buat startup baru dengan klik Add, beri nama startup misal kecerahan, kemudian pada Command klik browse dan cari skrip yang kita buat tadi. klik Add kemudian close. 

Selesai, tinggal coba reboot.

Artikel Terkait