Ubuntu 12.04 LTS dan Acer Aspire One 722

Ubuntu 12.04 LTS dan Acer Aspire One 722

Ubuntu 12.04 telah dirilis minggu kemarin, seperti apakah? sudah tidak sabar untuk mencobanya :-D. Kali ini kita akan mencobakannya ke Netbook Acer Aspire One 722. Namun beberapa user yang menginstall ubuntu 12.04 pada Netbook Acer Aspire One 722 ini menemui beberapa masalah seperti hang/crash ketika ingin konek wireless (untuk wifi broadcom bcm4313) atau istilahnya system freezed atau system lockup, lalu ada lagi masalah system suspend yang tidak bisa wake up sehingga hanya layar hitam / black screen. Tetapi semua itu dapat diselesaikan dengan sedikit melakukan hack terhadap seting bios.

Instalasi
Ubuntu 12.04 dapat diinstall secara normal pada Acer AO722 baik melalui USB maupun DVD external. Namun ada sedikit masalah hang ketika proses instalasi, ini disebabkan karena masalah wireless, usahakan untuk mematikan sementara wireless ketika proses instalasi. proses instalasi menghabiskan waktu hanya sekitar 13 menitan :-D, waktu yang relatif cepat, lebuh cepat dibanding minum kopi hangat.

Wireless - Sumber masalah :-(
Wireless adapter merupakan masalah terbesar pada Aspire One 722 ini. Pada versi ubuntu sebelum 12.04 banyak mengalami masalah misal hang atau crash ketika akan login maupun ketika ingin konek dengan jaringan wireless. masalah seperti ini dapat diatasi dengan seting enable network boot dan seting network adapter sebagai first boot pada menu bios. untuk lebih jelas baca referensi di bawah ini.
https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+source/linux/+bug/808963/comments/13
http://askubuntu.com/questions/46348/i-cant-install-on-acer-aspire-one-722
http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=2042100

Suspend Bermasalah
Suspend merupakan masalah kedua dari ubuntu di netbook AO722 ini. Pastinya kita butuh fitur semacam sleep atau hibernate untuk laptop atau netbook ketika ingin meninggalkannya sebentar. Lalu apa masalahnya dengan netbook AO722 ini? Di Ubuntu ketika tombol suspen di pencet biar bobo' eh si netbook kecil ngga mau bangun, layarnya item doang. Dan ini terjadi sampe sekarang :-(. Yang dah sukses mohon bantuannya :-D..

Artikel Terkait