Mengenal Bermacam Distribusi atau Distro Linux

Ubuntu
Ubuntu Linux

Ubuntu merupakan dostro linux terpopuler (sebelum muncul Linux Mint) berbasis Debian yang dirilis pertamakali pada 20 Oktober 2004 oleh pemilik Canonical Ltd bernama Mark Shuttleworth dari afrika selatan. Distro ini memiliki komunitas yang sangat besar yang menjadikan distro ini cocok untuk pemula karena dukungan komunitasnya yang luas. Ubuntu menggunakan antarmuka standar GNOME yang populer dan cantik serta relatif hemat resource.
http://www.ubuntu.com/

Linux Mint
Linux Mint

Linux mint merupakan distro terpopuler saat ini karena kemudahan dalam pengoperasiannya. distro ini berbasis Ubuntu yang rilis pada 27 Agustus 2006. Tidak seperti ubuntu, Linux mint sudah menyertakan codec multimedia dalam paket instalasinya sehingga dapat langsung membuka file multimedia seperti musik dan video misal mp3,mp4, dll.
http://www.linuxmint.com/

OpenSUSE
OpenSUSE

Salah satu distro dari perusahaan Novell untuk pengguna rumahan. Awalnya merupakan distro Slackware dalam bahasa Jerman.OpenSUSE menggunakan antarmuka KDE yang cantik dan wah. distro ini memiliki sebuah aplikasi bernama YaST yang mirip dengan Control panel pada Windows yang memudahkan pengguna dalam konfigurasi sistem operasi. OpenSUSE menggunakan paket instalasi berbasis RPM yang diadopsi dari Redhat.
http://www.opensuse.org/

Fedora
Fedora Linux

Sebelumnya pada rilis 1 - 6 bernama Fedora Core, tetapi mulai versi 7 berunah menjadi Fedora. Distro iniberbasis RPM dan Yum.
http://www.fedoraproject.org/

Debian
Debian

Debian termasuk dalam jajaran linux tertua dan terpopuler. Debian juga menjadi distro dengan pemakai terbanyak, bagaimana tidak jika Ubuntu dan Linux Mint adalah linux dengan pengguna terbanyak yang sekaligus merupakan turunan dari Debian.
http://www.debian.org/

PCLinuxOS
PCLinuxOS

PCLinuxOS dirancang untuk komputer pribadi agar mudah dalam penggunaannya. Paket instalasinya cukup lengkap.
http://www.pclinuxos.com/

Mandriva
Mandriva

Awalnya distro ini bernama Mandrake, kemudian mengakuisisi perusahaan Conectiva dan berubah nama menjadi Mandriva. Distro ini menggunakan paket instalasi RPM. PCLinuxOS adalah salah satu turunannya yang juga ikut populer.
http://mandriva.com/

Slackware
Slackware

Ini dia distro Linux awal yang termasuk linux tertua yang masih bertahan hingga sekarang. Linux ini masih sangat mirip dengan Unix. Slackware mengutamakan stabilitas dan kemudahan bagi penggunanya.
http://www.slackware.com/

Centos
Centos

Jika anda kesulitan mendapatkan Redhat Enterprise Linux (RHEL) distro inilah yang cocok untuk anda. Mengapa? karena Centos dibangun dari source code RHEL. Lalu apa bedanya? bedanya adalah tulisan RHEL dan Centos. Berarti Centos adalah sistem operasi enterprise yang gratis dan mudah didapatkan.
http://www.centos.org/

Artikel Terkait